Surga Hanya Dimasuki Orang-orang yang Diampuni-Nya

>> Friday, November 5, 2010

Manusia tinggal di dunia tidak lain adalah untuk beribadah kepada Allah Ta’ala.
“Dan tidaklah Aku menciptakan jin dan manusia kecuali untuk beribadah”
(QS Adz Dzariyat 51: 56)

Allah telah memberikan jin dan manusia keistimewaan.
Allah telah menciptakan apa yang di langit dan bumi untuk jin dan manusia.
Bahkan adanya surga dan neraka adalah untuk jin dan manusia.
Bagi yang mengikuti mengikuti Allah dan Rasul-Nya maka dia masuk Surga.
Dan bagi yang mengikuti Iblis dan teman-temannya maka dia masuk Neraka.

Tetapi manusia adalah makhluk yang lemah, sering lalai dan berbuat dosa.
Sehingga Surga hanyalah dimasuki siapa-siapa yang diampuni-Nya.
Orang-orang yang diampuni adalah orang-orang yang bertaqwa
Dan orang-orang yang melakukan taubat nasuha.

”Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan berimanlah kepada Rasul-Nya, niscaya Allah memberikan rahmat-Nya kepadamu dua bagian, dan menjadikan untukmu cahaya yang dengan cahaya itu kamu dapat berjalan dan Dia mengampuni kamu. Dan Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (QS Al hadid 57:28)

”Hai orang-orang yang beriman, jika kamu bertakwa kepada Allah, niscaya Dia akan memberikan kepadamu furqaan dan menghapuskan segala kesalahan-kesalahanmu dan mengampuni (dosa-dosa) mu. Dan Allah mempunyai karunia yang besar.” (QS Al Anfal 8:29)

Taubat yang tingkatannya paling tinggi di hadapan Allah adalah "Taubat Nasuha", yaitu taubat yang murni. Sebagaimana dijelaskan dalam surat At-Tahrim: 66,
"Hai orang-orang yang beriman, bertaubatlah kepada Allah dengan taubat yang semurni-murninya, mudah-mudahan Tuhan kamu akan menghapus kesalahan-kesalahanmu dan memasukkan kamu ke dalam sorga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, pada hari ketika Allah tidak menghinakan Nabi dan orang-orang yang beriman bresamanya, sedang cahaya mereka memancar di depan dan di sebelah kanan mereka, sambil mereka mengatakan 'Ya Tuhan kami, sempurnakanlah bagi kami cahaya kamidan ampunilah kami, sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu'".

Memang Allah adalah Maha Pengampun, tetapi ada orang yang tidak diampuninya, yaitu orang-orang yang menyekutukan Allah (syirik).

"Sesungguhnya Allah tidak akan mengampuni dosa syirik dan Diamengampuni
segala dosa yang selain dari (syirik) itu, bagi siapa yangdikehendaki-Nya.
Barangsiapa yang mempersekutukan Allah, maka sungguh ia telah berbuat dosa
(kezhaliman) yang sangat besar" (QS An Nisaa' 48)

Dari Anas radhiallahu 'anhu, ia berkata : Saya telah mendengar Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa Sallam bersabda : Allah ta’ala telah berfirman : “Wahai anak Adam, selagi engkau meminta dan berharap kepada-Ku, maka Aku akan mengampuni dosamu dan Aku tidak pedulikan lagi. Wahai anak Adam, walaupun dosamu sampai setinggi langit, bila engkau mohon ampun kepada-Ku, niscaya Aku memberi ampun kepadamu. Wahai anak Adam, jika engkau menemui Aku dengan membawa dosa sebanyak isi bumi, tetapi engkau tiada menyekutukan sesuatu dengan Aku, niscaya Aku datang kepadamu dengan (memberi) ampunan sepenuh bumi pula”. (HR. Tirmidzi, Hadits hasan shahih)

Dan Rasulullah menjamin, siapa yang tidak syirik maka PASTI masuk surga.
Dari Abu Dzar ra., Rasulullah SAW bersabda, "Jibril berkatakepadaku,' Barangsiapa meninggal dunia dalam keadaan tidak menyekutukan
Allah dengan sesuatu apapun, maka pasti dia masuk surga'"
(HR. Bukhari)

Maka penting sekali memahami SYIRIK.
Apa sebenarnya syirik, jenis-jenisnya dan bahayanya.
Siahkan Sahabat Hikmah mengambil HIKMAH tentang syirik:

Syirik adalah menyamakan selain Allah dengan Allah pada perkara yang merupakan hak istimewa-Nya. Hak istimewa Allah seperti: Ibadah, mencipta, mengatur, memberi manfaat dan mudharat, membuat hukum dan syariat dan lain-lainnya.

JENIS-JENIS SYIRIK
1. Syirik Akbar
Syirik ini menjadi penyebab keluarnya seseorang dari agama Islam, dan orang yang bersangkutan jika meninggal dalam keadaan demikian, akan kekal di dalam neraka.

Hakikat syirik akbar adalah memalingkan salah satu jenis ibadah kepada selain Allah, seperti memohon dan taat kepada selain Allah, bernadzar untuk selain Allah, takut kepada mayat, kuburan, jin, setan disertai keyakinan bahwa hal-hal tersebut dapat memberi bahaya dan mudharat kepadanya, memohon perlindungan kepada selain Allah, seperti meminta perlindungan kepada jin dan orang yang sudah mati, mengharapkan sesuatu yang tidak dapat diwujudkan kecuali oleh Allah, seperti meminta hujan kepada pawang, meminta penyembuhan kepada dukun dengan keyakinan bahwa dukun itulah yang menyembuhkannya, mengaku mengetahui perkara ghaib, menyembelih hewan kurban yang ditujukan untuk selain Allah.


"Allah memberikan HIKMAH kepada siapa yang dikehendakinya, barangsiapa yang mendapat HIKMAH maka sungguh dia telah mendapatkan KEBAIKAN yang BANYAK." (QS Al Baqarah : 29)

0 comments:

Total Pageviews

  © Free Blogger Templates Skyblue by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP